Amandel Adalah

Amandel sebenar nya salah satu organ tubuh atau kelenjar yang berada di tenggorokan, namun karena banyak yang menyebut nya penyakit amandel pada saat terjadi pembesaran kelenjar. Penyakit amandel bukan penyakit baru, telah lama penyakit amandel terjadi dan cukup banyak orang yang telah mengalami nya. penyakit amandel sering di salah artikan dengan penyakit flu pada awal gejala nya, karena hampir sama seperti pada saat terkena flu. Memang penyakit amandel hampir sama dengan penyakit flu, karena yang menjadi penyebab nya bisa dari virus yang sama yaitu virus influenza. Penyakit amandel akan menyebabkan penurunan nafsu makan, karena rasa sakit yang muncul menyebabkan niat untuk makan tidak ada.
cara mengobati amandel
cara mengobati amandel

Penyebab Amandel

Amandel bisa terjadi oleh virus atau pun dari zat makanan yang di konsumsi. jika dari makanan, maka makanan tersebut di dalam nya terdapat bahan kimia pengawet atau pun penyedap makanan, sehingga pada saat di makan bisa mengiritasi mulut atau pun kelenjar di dalam nya. selain zat makanan, makanan yang panas dan di goreng pun bisa menyebabkan penyakit amandel terjadi. Dan jika karena virus, maka bisa terjadi akibat tidak melakukan vaksin untuk penyakit campak, herpes, atau cacar air dan flu, selain itu juga bisa dikarenakan daya tahan tubuh yang menurun sehingga bisa terinfeksi secara langsung atau pun tertular oleh orang lain.

Gejala Amandel

Setelah amandel atau kelenjar mengalami gangguan kesehatan akibat terinfeksi atau juga teritasi maka gejala amandel akan mulai berdatangan secara perlahan lahan. Gejala amandel seperti demam, dan juga sakit tenggorokan akan terjadi di awal waktu setelah infeksi, jika terjadi pada orang dewasa mungkin akan biasa saja, namun jika dialami oleh anak anak, maka bisa membuat anak anak tidak mau makan akibat sakit tenggorokan atau pun sering menangis. Gejala lanjutan dari amandel yang terinfeksi akan terlihat pada saat mulut di buka, karena di rongga mulut bagian atas terdapat bintik merah seperti hal nya sariawan, dan ada pula bintik putih yang bercampur dengan nanah.

Cara Mengobati Amandel

Amandel yang terinfeksi ringan biasa nya gejala nya akan hilang setelah terjadi selama empat hari. tetapi jika gejala nya berlangsung lebih dari satu pekan maka sebaik nya mengobati amandel. Karena jika tidak diobati maka rasa sakit nya akan bertambah parah, sehingga sulit bernafas atau pun menelan makanan. untuk mengobati amandel yang bengkak, maka ada obat herbal amandel yang bisa di gunakan. Obat herbal amandel bisa menjadi cara mengobati amandel yang ampuh dan juga aman. Oleh sebab itu berikut cara mengobati amandel yang bisa di coba :
  • Jeruk nipis
Cara mengobati amandel yang cukup efektif salah satu nya dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis bisa di gunakan untuk menjadi obat amandel herbal dan alami. untuk menyembuhkan sakit tenggorokan akibat amandel bisa dengan minum jeruk nipis dengan air hangat atau pun jika tahan asam nya bisa di minum secara langsung akan lebih baik.
  • Bawang merah
Cara mengobati amandel yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan sakit amandel yang bengkak salah satu nya dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah cukup ampuh di gunakan untuk mengatasi amandel. Oleh sebab itu jika sakit amandel salah satu cara nya bisa dengan makan bawang merah yang mentah.
  • Buah mengkudu
Jus buah mengkudu dapat di konsumsi jika ingin menjaga kadar gula darah normal, namun selain itu khasiat nya juga bisa di gunakan untuk menjadi cara mengobati amandel yang bengkak. Minum jus buah mengkudu memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Cengkeh
Cengkeh bisa di jadikan bahan obat amandel atau cara mengobati amandel dengan alami. cara mengobati amandel dengan cengkeh bisa dengan merebus beberapa butir cengkeh dan di tambahkan dengan madu.
  • Daun benalu
Bahan alami lain nya yang bisa di gunakan untuk menjadi cara mengobati amandel salah satu nya dengan daun benalu. Daun benalu bisa di jadikan minuman yang menyembuhkan sakit amandel. Daun benalu bisa di dapatkan dari berbagai jenis tumbuhan.

Cara Mencegah Amandel

Amandel bisa di cegah agar tidak bengkak, atau pun tidak kambuh, dengan menghindari penyebab amandel salah satu nya. untuk mencegah amandel bisa dengan mengkonsumsi buah buahan, karena penyakit amandel bisa terjadi juga akibat kurang nya nutrisi dari buah. Kurang nutrisi dari vitamin c yang bisa menyebabkan amandel bengkak. Sehingga cara mencegah nya bisa memperbanyak vitamin c dengan mengkonsumsi jenis buah banyak terkandung vitamin c cukup tinggi seperti buah pepaya, delima, mangga, jeruk dan masih banyak hal lain nya.
Selain dari vitamin, untuk mencegah amandel juga bisa dengan menjaga kebersihan lingkungan, dan juga melindungi tubuh dari serangan virus yang bisa masuk melalui mulut dari udara yang tercemar oleh virus. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, olahraga, minum air putih dan istirahat yang cukup sehingga bisa membantu untuk pencegahan penyakit amandel yang bisa membuat pembengkakan pada kelenjar di dalam mulut atau pun kelenjar getah bening.